Rakyat jelata pun bisa korupsi, lho?

Ya ya ya, blog ini emang udah lama gak update. Udah usang, banyak sarang laba-labanya, kecoak dan tikus pun udah bikin kampung di blog ini, ups, kelewatan, hahaha. Kali ini, gue mau ngebahas sebuah topik yang dari dulu sampe sekarang masih aja sering diomongin. Korupsi! Ya! Bener banget sodara-sodara! Topik yang mau gue bahas di posting kali ini adalah tentang Korupsi.

Korupsi alias Corruption as we know it, adalah hal yang sangat menyedihkan yang terjadi di dunia kita saat ini. Pejabat Negara, Politikus, Birokrat, Selebritas, bahkan rakyat jelata pun merasakan yang namanya korupsi. Eh? Rakyat Jelata? Ya sodara-sodara, sebagian rakyat jelata macam kita pun pernah merasakan yang namanya korupsi. Gak percaya?

Dalam posisi sebagai orang awam, arti korupsi itu mengambil/merampas apa yang bukan menjadi miliknya kan yah? Nah, kalo sependapat, berarti apa yang mau gue omongin bentar lagi kemungkinan besar bakal bisa elo terima. Kalo ga sependapat, yaudah sih, gue cuma mau menyatakan pendapat aja, dengan posisi sebagai orang awam.

Berdasarkan pengalaman gue pribadi dan banyak internet surfer Indonesia yang lain, korupsi di negara kita ini -khususnya yang dilakuin rakyat jelata- udah merajalela men! Bahkan bisa dibilang sedikit demi sedikit dianggap normal, bahkan membudaya! Gak percaya? Nih coba liat

Muke gile, jalur orang laen diembat. Sumber gambar : Sumber
Gambar diatas masih contoh kecil dari banyak kasus korupsi yang dilakuin oleh orang sekelas kita rakyat jelata men! Bayangin aja, jalanan udah diatur sedemikian rupa biar bisa dilewatin kendaraan dengan arah yang berbeda, eh, ini orang pada enak-enaknya nyerobot jalan yang semestinya jadi hak pengendara di arus sebaliknya! Ehem, mungkin kalo gue kasih contoh yang kayak gitu elo pada mikirnya ini contoh terlalu ekstrim ya, yaudah, nih gue kasih contoh yang agak soft dikit (meskipun tetep aje ekstrim),

Mentang-mentang zebra cross ga ada yang pake. Sumber gambar : sumber
Kampret lah, bahkan gak cuma roda dua / roda tiga aja yang berani men! Sumber gambar : sumber

Tuh men! Liat, masa ente masih mau gak percaya aje kalo rakyat jelata pun bisa ngelakuin korupsi? Bayangin aja kalo elu lagi di posisi pejalan kaki, udah jalan berkilo-kilo, panas, eh, mau nyeberang jalan doang jadi gak bisa gara-gara zebra cross yang mestinya mereka pake buat nyeberang malah diinjek dan ditutupi kendaraan bermotor. Nyesek gak lu kalo ada di posisi pejalan kaki?

Derita pejalan kaki gak berhenti sampe disitu aja men! Saking banyaknya kendaraan bermotor di jalanan sekarang, pejalan kaki mesti nelen ampas pait lagi. Ya! Trotoar yang mestinya khusus bener-bener cuma buat pejalan kaki dan pedagang kaki lima pun kini jadi rebutan kendaraan bermotor juga. Nyesek banget men hidup pejalan kaki jaman sekarang!

Roda dua udah mulai sering invasi trotoar. Sumber gambar : sumber
Roda empat juga ikutan men! Roda empat! Sumber gambar : sumber

Belom puas menginvasi trotoar, kendaraan bermotor pun menginvasi medan apapun yang ada di sekitarnya dan bisa dilewatin. Contoh medan terlarang yang enak -> Busway.

Yang baru-baru ini sering ditongolin di tipi. Sumber gambar : sumber

Hmm, parah banget ya, ngomongin korupsi di negara kita ini ternyata gak perlu muluk-muluk mendongak keatas. Ngeliat kiri kanan aja udah banyak banget sebenernya kasus korupsi yang terjadi. Jadi prihatin, gimana Indonesia ke depan nanti?

Bapak Pakar "Keprihatinan" Indonesia, ampun pak. Sumber : sumber

Menurut pendapat pribadi gue sih ya, sebenernya penyebab utama korupsi yang sedari tadi gue tunjukin itu egoisme dan indisipliner. Bayangin ketika egoisme individu pengendara bermotor dapat ditekan, dan individu itu sendiri udah terbiasa disiplin, kejadian semacam ini gak akan perlu terjadi men! Pejalan kaki gak bakalan nyesek karena mesti rela ngebagi hak mereka buat jalan di trotoar ama kendaraan bermotor, Bus TransJakarta gak bakal kerepotan ngejar waktu kalo di depannya gak ada halangan kendaraan lain yang masuk di jalurnya, ya kan?

Anyway, sekian dulu lah posting hari ini. Gue kudu buru-buru pamit sebelum otak gue makin berasap dan mulut makin berbusa. See you in my next post! Bye! :D


Oiye, buat penutup gue kasih bonus deh men, coba bayangin kalo ini bisa diterapin di Indonesia tercinta, hehehehehe.
Coba laser ijo itu punya kekuatan semacem lightsabernya star wars, pasti pada mau baris rapi di marka semua :P
Sumber gambar : sumber

0 comments:

Post a Comment