Perubahan, Part 1

Lebih dari 3 abad Indonesia hidup dalam penjajahan. Kini, 67 tahun sudah Indonesia terlepas dari penjajahan. Wah, berarti banyak dong ya perubahan yang sudah terjadi? Yep, bisa kita bilang begitu. Cukup banyak yang sudah berubah di Indonesia.

Emm, omong-omong tentang perubahan di Indonesia, gue jadi inget kemaren-kemaren abis ikut suatu acara seminar di kampus, yang ngedategin Pandji Pragiwaksono sebagai pembicaranya. Disitu, Pandji ngomong banyak hal sih, tapi inti dari omongannya yang gue tangkep dan masih gue inget sampe sekarang adalah, bahwa kita sebagai pemuda, adalah Trigger alias Pemicu suatu perubahan. lhoh, kok Trigger / Pemicu? kok bisa?




Muka Si Pandji, gambar dapet dari : sumber
Readers, pada tau kan sejarah kemerdekaan Indonesia dulu? [no offense ya yg  dulu sejarahnya dapet nilai jelek, ini gue bukan ngejek lho]. Nah, coba kita inget-inget lagi, ato kalo perlu cek lagi kebeneran yg gue omongin disini, bahwa pemicu semangat untuk memerdekakan Indonesia dulu berawal dari PEMUDA.

Ya, PEMUDA. Inget Budi Utomo kan? Organisasi kesatuan pertama yang berdiri di Indonesia, yang salah satu pendirinya adalah Sutomo, atau yg kita kenal sebagai Dr. Sutomo. Nah, waktu mendirikan Budi Utomo itu, beliau masih muda belia lho, masih mahasiswa STOVIA...

Terus-terus, inget Kongres yang ngelahirin Sumpah Pemuda? Yang ngelahirin kongres sampe Sumpah Pemuda itu, PEMUDA juga kan? [Engh, namanya juga Sumpah Pemuda, gak mungkin juga kan ya kalo yg nyumpah bapak-bapak atau kakek-kakek -____- ] Yaa, meskipun kata Pandji, ada sih orang tuanya disitu, yaitu Om Muh. Yamin. Tapi, meski begitu beliau belum tua-tua banget loh waktu ikutan kongres gituan. Masih 24 tahun!

Masih ada lagi nih yang lebih wow. Tau kan, siapa pencipta lagu Indonesia Raya? Ya, Om Wage Rudolf Supratman, atau yg lebih kita kenal dengan nama W.R. Supratman. Waktu beliau maenin lagu Indonesia Raya di Kongres Sumpah Pemuda itu, usia beliau masih sekitar 17 tahun! Sungguh suatu hal yang sangat membanggakan bukan apa yang dikerjakan oleh pemuda Indonesia saat itu?

Terus nih, inget kan tanggal 16 Agustus 1945 malem-malem ada kisah sejarah apaan di Indonesia? Ya, Peristiwa Rengasdengklok, dimana Pak Soekarno diculik sama pemuda-pemuda, karena mereka ingin Indonesia segera merdeka, setelah tau Jepang di negaranya udah kalah sama sekutu. Tau kan apa yang waktu itu Pak Soekarno bilang ke pemuda-pemuda itu?

"Anak muda, sukanya yang cepet-cepet aja" [kalo menurut versi Pandji waktu itu kayak gini nih yang dibilang Pak Karno ke pemuda-pemuda itu]

Nah, orang yang udah sekaliber Pak Karno aja waktu itu masih takut buat memproklamasi'in kemerdekaan Indonesia. Beruntungnya, pemuda-pemuda yang menculiknya itu, berhasil membuat Pak Karno setuju untuk memerdekakan Indonesia secepatnya. Disini, bisa gue tarik kesimpulan kalo yang bikin negara kita merdeka itu, lagi-lagi dipicu oleh PEMUDA.

Terus, yang terjadi waktu gue masih TK, pas taun 1998an. Sebuah rezim yang menguasai negara kita cukup lama, TUMBANG. Dan lagi-lagi, PEMUDA [spesifiknya mahasiswa] berperan sebagai trigger dari perubahan dari rezim yang kita sebut Orde Baru, ke zaman Reformasi.

Readers, dari situ, gue mulai setuju ama omongan si Pandji, bahwa Pemuda itu adalah triggernya perubahan. Pemuda itu yang paling punya potensi untuk melakukan perubahan itu. Kenapa?
Kalo dari pandangan gue nih ya...

Coba pikirin, anak-anak, mereka masih dalam masa pertumbuhan, punya banyak energi, tapi belum ngerti apa yang terjadi di negeri kita. Terus, kalo yang tingkatnya diatas pemuda, yang bapak-bapak ato ibu-ibu deh, tingkat segitu, udah pasti banget ngerti apa yang terjadi di negara kita, tapi, udah gak ada waktu lagi untuk membuat perubahan. Nah, kalo yang diatasnya lagi, yang setingkat kakek-kakek, mereka udah sangat pasti, jauh lebih ngerti lagi, tapi mereka udah gak ada tenaga untuk membuat perubahan.

Karena itu, Pemudalah harapan bangsa kita untuk melakukan perubahan. Pemudalah yang masih punya tenaga, waktu dan pikiran untuk melakukan perubahan.

Jadi, siap melakukan perubahan? ;D


up next : Perubahan, Part 2

0 comments:

Post a Comment