Perubahan, Part 2


Oke, yuk sekarang kita hubungin cerita gue di Part 1 sama pernyataan Pandji yang gue tulis bagian awal, bahwa Pemuda adalah triggernya perubahan. Dan sebagai triggernya, kita mesti tau apa peran kita untuk melakukan perubahan. Kenapa kita mesti tau apa peran kita dalam melakukan perubahan? Supaya kita dapat menjalankannya dengan baik, gak setengah-setengah.

Readers, Indonesia yang kita tinggali saat ini udah banyak banget berubah. Dua orang pembicara terkenal ngomong ke gue [lewat seminar-seminar sih], yang paling kerasa di perubahannya adalah masalah baca-tulis. Dulu, waktu Indonesia masih belum lama merdeka, orang Indonesia yang bisa baca-tulis baru sekitar 5% dari total orang Indonesia. Kebayang gak tuh, gimana susahnya komunikasi di jaman itu. Bersyukurlah kita yang hidup di jaman sekarang, soalnya sekarang yang gak bisa baca tulis yang sekitar 5% an.


Oke, yang mau gue tekanin sekarang mungkin fokus ke kita, PEMUDAnya. Dulu, entah karena pengaruh penjajahan, atau ada alasan lain, generasi Pemuda bangsa kita saat itu berjuang dengan hebatnya untuk ngusahain kemerdekaan bangsa kita, juga mempertahankannya. 

Sekarang, coba deh kita bandingin sama Pemuda generasi kita. Generasi saat ini. Readers, gue sering ngerasa miris, sedih, galau, pas ngeliat apa yang generasi kita lakuin sekarang, apalagi kalo inget apa yang Generasi Pemuda pendahulu kita lakukan sebegitu hebatnya.

Coba liat sekelilingmu, terutama yang tinggal di kota-kota gede. Berapa banyak dari lo atau temen-temen lo yang gak punya BB? ato kalo gak BB, ini aja deh, Berapa banyak temen-temen lo, termasuk lo, yang gak punya akun Friendster, Facebook, Twitter, Plurk, dan socmed sejenisnya? ayo ngaku deh  :P

Readers, kadang gue miris ngeliat generasi kita, yang saat ini udah enak karena perkembangan teknologi, bukannya bisa manfaatin itu dengan baik, tapi malah terjerumus di dalemnya. Silaturahmi antar sesama di generasi kita itu gue rasa udah berkurang banget dibanding generasi diatas kita, anggaplah generasi bokap-nyokap kita.

Generasi kita kini, yang sering gue liat sih ya, contoh aja nih, Si A sama si D yang jarak kamar kosannya cuman dua kamar aja, komunikasinya pake CHATTING, bukannya datengin ke tempatnya. Terus pas di bus, enak-enak duduk di kursi yg deket jendela gitu, terus pas ada orang duduk di sebelahnya, bukannya nyapa, ngajak ngobrol, ato apa [kayak tradisi generasi-generasi diatas kita], tapi malah masing-masing asik-asikan sama headset dan handphone masing-masing.

Hey! Guys! Hey! Pemuda! Yang katanya generasi harapan bangsa! What the hell is happening to our Generation?

Kenapa generasi kita jadi apatis banget sama lingkungan? Kenapa generasi kita seakan udah gak peduli lagi akan apa yang terjadi di negara kita? Jangankan negara kita, bahkan sekarang aja gue ragu, kalo antar temen sekosan, sekelas, atau se-apapun itu, masih ada kepedulian di generasi kita.

" Nah, terus, gimana kita mau bikin perubahan? Apalagi kalo yang diubah bangsa segede Indonesia ini? Gue kan sendirian? Dan gue gak ada kemampuan buat ngomong kayak Pandji, ato siapapun yang sepertinya? "

Nah, Readers, sip tuh kalo udah ada pertanyaan semacem gitu di benak kalian. You know why? Karena itu udah pertanda kalo lo masih peduli ama bangsa ini.

Jadi, kalo kita mau bikin perubahan buat bangsa ini, kita mulai aja dari hal-hal yang kecil dulu, kita mulai dari diri kita sendiri. Coba deh buka pikiran lo, kenapa generasi kita apatis, dan gak ada yang mengubahnya. Itu ya karena kita sendiri gak mau memulainya kan? Maka, kalo begitu ya ayok kita mulai dari diri kita dulu. Cobalah sedikit lebih terbuka, dari segi pemikiran. Dan diskusikan itu, gak perlu langsung ke orang banyak, ke orang-orang terdekat dulu aja, at least, there's somebody knows your idea.

Bikin perubahan untuk bangsa ini gak harus dengan cara ngomong ke orang banyak terus ngajak-ngajakin bikin perubahan semacem Pandji gitu kok. Kita bisa bikin perubahan buat bangsa ini dari perbuatan kita.  Karena kan gak semua orang punya talenta buat bisa ngomong di depan banyak orang. Misalnya nih ya, gue, sebagai manusia yang gak pengen dunia ancur gara-gara global warming, dan sebagai manusia yang "masih" berusaha hidup sehat, gue akan makan makanan bergizi dan berlatih setiap hari selalu berusaha jauhin yang namanya rokok. Kalo ada orang yang nanya kenapa, baru deh, jelasin, pendek-panjang terserah, yang penting inti dari apa yang pengen kita sampein itu nyampe ke orang yang nanya.

Jadi, siap melakukan perubahan? ;D


Up Next : Perubahan, Part 3
Yang sebelumnya : Perubahan, Part 1

1 comments:

make a change from ourself. then spread it to your environment, just to little environment :D

Anonymous
May 24, 2012 at 7:05 PM comment-delete

Post a Comment