Suka nggak suka, baca deh, kalo perlu, post yang lebih baik dari ini.

Hey readers. Lama nih rasanya blog ini gak ke-update [padahal postingan terakhir sebulan aja belum nyampe]. Oke, kali ini gue mau bahas tentang sesuatu yang udah lama banget pengen gue bahas, bahkan sempet ada post yang mau bahas tentang ini sih, tapi gak jadi-jadi. Kalo pengen liat postingan yang nyaris bahas hal itu, klik aja ---> disini.


Well, sebelum postingan ini berbelok dari topik utamanya, kita mulai aja pembahasan topik postingan gue kali ini. Buat yang males klik link postingan gue diatas, gue kasih spoiler aja deh, topiknya adalah tentang : Rokok.

Ya, Rokok. Jaman sekarang, siapa sih yang gak tau apa itu rokok? Siapa juga yang jaman sekarang gak pernah liat rokok? Apalagi kita yang di Indonesia, yang katanya iklan di tipi-tipi salah satu negara penghasil tembakau terbaik dunia.

Readers, satu hal yang dari gue kecil sampe sekarang belum abis pikir adalah, di tipi-tipi ataupun radio-radio, iklan rokok itu kan selalu diakhirin dengan kata-kata atau tulisan semacem ini kan.
gambarnya nyomot disini
Nah, yang masih bikin gak habis pikir adalah, udah jelas-jelas di tiap akhir iklan ada kayak gitu, tapi kenapa penduduk Indonesia utamanya, masih terus ngerokok? Bahkan kalo kita mau buka mata kita lebar-lebar, gak cuma generasi yang tua aja yang ngerokok. Anak-anak kecil seumuran SMP aja udah banyak yang ngerokok. Yang paling ekstrim adalah yang pernah muncul di berita beberapa waktu lalu. Seorang balita, BALITA Men! BALITA! ditemuin lagi asik ngerokok sedangkan orangtuanya ngebiarin itu anak ngerokok gitu aja, bahkan sehari dia abis berapa batang pun malah dibeli'in.

Readers, udah pada tau kan apa aja bahaya rokok dari gambar diatas, nah, omong-omong tentang bahaya nih, tentunya pasti ada sebab kenapa rokok itu berbahaya.

"FYI, rokok itu mengandung bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (acetone), Tar, Nicotine, Karbon Monoksida (CO), pencuci lantai (amonia), ubat gegat (naphtalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hidrogen cyanide), dan banyak lagi." [infonya dari ---> sini]

Bahaya rokok dan apa penyebabnya kita udah tau, terus sekarang, kenapa sih kok perokok itu masih banyak? Dan kenapa merokok itu kesannya udah kayak budaya gitu sampe anak kecilpun udah ngerokok? Readers, sempet ada bule simpatisan gerakan anti rokok yang datang ke Indonesia, dia bikin video tentang rokok, khususnya di Indonesia, dan spesifik merk tertentu kalo gak salah, kalo penasaran dan pengen liat klik aja  --->  disini.

Disitu, dia tunjukin banyak hal tentang rokok yang sebagian gak sempet terpikir di otak gue. Mulai dari nunjukkin fakta kalo rokok di Indonesia itu udah menjamur banget, terus usaha rokok di Indonesia itu keliatan menjanjikan, terus video yang nunjukkin anak kecil yang ngerokok, dll.

Dari video yang dia bikin, gue nyadar, di negara kita, masalah Rokok ini emang udah kompleks banget. Dan kayaknya emang susah untuk ngerubahnya. Di video itu, si bule ngeliatin, salah satu penyebab penduduk negara kita, utamanya anak muda, banyak yang ngerokok adalah karena mereka korban iklan. Kalo gue inget-inget, jaman sekitar tiga atau empat taun lalu, iklan rokok emang ada dimana-mana, di space iklan yang kecil-kecil sepanjang jalan, sampe space iklan yang gede-gede, kebanyakan iklannya rokok semua, belum lagi di tipi-tipi ama di radio-radio. [gue ambil jaman itu soalnya itu jaman pas gue masih sensitif banget ama pemandangan di lingkungan sekitar, spesifiknya iklan]

Nah, dari video yang diliatin si bule itu, gue dapet kesimpulannya adalah, bahwa salah satu penyebab utama industri rokok di Indonesia itu laris banget adalah karena iklannya. Coba inget deh, iklan-iklan rokok di berbagai media massa itu gak ada yang gak menarik kan? keren-keren semua kan? dan durasinya bisa kita bilang biasanya paling lama dari yang laen kan? Menurut gue, itu salah satu faktor kenapa di Indonesia bisa laku keras.

Gak berhenti di iklan aja, si bule di video itu juga nunjukkin, dia prihatin banget setelah tau, gimana pemasaran rokok di Indonesia. Dibandingin ama negara dia disono, rokok di Indonesia itu kesannya masih legally accepted banget. Dia bilang gitu setelah dia tau berapa harga rokok di Indonesia, lebih prihatin lagi, pas dia tau di Indonesia, rokok bisa dibeli eceran. Kalo kata si bule, di negara dia, rokok itu harganya mahal banget, kalo di Indonesia, rokok bisa didapet cuma dengan 1 koma sekian dollar per bungkusnya[kalo di kurs in ya belasan ribu gitu lah]. Belum lagi yang eceran, per batang harganya kira-kira 0,2 dollar, itupun perkiraan termahalnya, yang dia temuin ada yang jual Rp 500 per batang, berarti cuman 5 sen nya di negara dia. Ngeri banget dah, barang se-berbahaya itu, cuman dengan Rp 500 kita udah bisa dapet.

Masalah kita gak berhenti sampe disitu aja. Gue rasa sih, sebenernya pasti banyak juga orang-orang yang peduli ama isu rokok di negara kita. Tapi masalah terbesarnya sekarang adalah, negara kita itu punya banyak orang yang kerja di industri ini. Kalo kita mau langsung hapus industri rokok dari Indonesia, bisa sih, tapi gimana dengan orang-orang yang udah berkecimpung di industri itu? Gimana solusi kita buat mereka kalo industri rokok dihapus? Gimana dengan orang-orang itu, utamanya yang di tingkat paling bawah, petani tembakau dan keatasnya dikit, kalo mereka cuma punya keahlian di bidang itu aja?

Readers, masalah rokok di negara kita ini emang parah ya. Tapi, bagaimanapun, kita sebagai generasi penerus bangsa, we still have the power untuk mengubah itu, ya meskipun gak dalam waktu dekat sih, karena buat nyelesein masalah separah dan serumit ini emang butuh waktu lama dan progress yang gak boleh main-main.

Kalo solusi yang udah terpikir dari gue sih, dalam waktu dekat, kita perlu ngasih keterampilan buat orang-orang yang berkecimpung di industri rokok tapi gak punya keahlian lain selain apa yang dia lakuin disitu.  Keterampilan yang gue maksud disini, tentu harus keterampilan yang profitabilitasnya lebih dari industri rokok dong kalo long term-nya. Kalo enggak, ya percuma aja, pasti orang-orang itu balik lagi ke industri yang menurut mereka lebih profitable [rokok lagi]. Emang sih, tetep aja ini gak murah dan butuh waktu yang lumayan lama, but it's going to be worth it lah kalo kita emang pengen bawa bangsa ini bebas dari rokok, ya kan?

Kedua, kita adain penyuluhan-penyuluhan tentang rokok, mulai bahayanya, sampe efeknya di negara kita di short term maupun long term-nya, baik dari segi kesehatan, maupun dari segi ekonomisnya. Dengan usaha semacem ini, tentunya kita berharap kalo warga Indonesia jadi tau, kenapa rokok itu kok sebaiknya dihentikan.

Nah, setelah berjalannya kita ngasih keterampilan dan penyuluhan itu, pemerintah perlu nih bikin peraturan-peraturan tentang masalah rokok ini. Kalo peraturannya cuman ngelarang ngerokok di tempat umum sih, itu pelanggarnya pasti masih banyak banget lah. Kita perlu peraturan yang lebih teges lagi. Masalah harga minimal dari rokok itu misalnya. Dari yang semula anak kecil aja bisa beli, harganya dinaikin, sampe orang-orang dengan penghasilan tertentu aja yang bisa beli. Sekali lagi, hal yang kaya gini pun tentu perlu pengorbanan, yaitu jumlah konsumen, juga profitability dari industri rokok itu sendiri, karena range konsumen dan range harganya yang berubah kan berpotensi nurunin profit industri itu. Tapi, it's going to be worth it for the better Indonesia, right?

Readers, itu semua masih tergantung kitanya juga sebagai generasi penerus bangsa. Mau nggak ngubah bangsa ini ke arah yang lebih baik? Mau nggak Indonesia lepas dari jeratan rokok? Gue bilang gini karena emang inilah kita sebagai generasi penerus bangsa ini nanti. Karena kalo bukan kita, pada saatnya nanti, siapa yang nanti duduk di kursi pemerintahan? Siapa yang nanti ada di lapangan langsung melayani masyarakat? Siapa lagi nanti yang mau bawa bangsa ini? Generasi kita kan?

Readers, jadi gimana? Siap melakukan perubahan? [ eheheh, masih kebawa suasana perubahan dari postingan perubahan part 1 - 3 :P ]

Buat perokok aktif yang baca postingan ini, no offense ya, gue cuma pengen share apa yang terlintas di benak gue saat inget realita di negara kita yang satu ini. Oiya, guys, hampir kelupaan, nih ada beberapa gambar menarik yang gue comot dari situs web lain, sebagian isinya udah lumayan mewakilin isi hati gue  tentang topik kita kali ini sih. So, gak pake lama, check this out...

ini nyomot dari sini
dan yang ini nyomot dari sini. ps: gambar yang paling bawah ini ga usah di hiraukan.


2 comments:

wah saya juga sebenarnya punya rencana nulis tentang ini. ngambil dari sex, lies and cigarette. wah keren lib. :D

Anonymous
May 25, 2012 at 11:11 PM comment-delete

ya, ini curhatan dari semua perokok pasif. :S

June 29, 2012 at 8:46 AM comment-delete

Post a Comment